Sabtu, 26 Oktober 2013

Langkah Awal. Rusia Menanti (Bag. 1)

Bunyi dari Hp yang memberitahukan ada sebuah email masuk ke dalam inbox, mengejutkan. Email yang saya tunggu-tunggu dari beberapa bulan yang lalu akhirnya sampai juga. Email dari Pusat Kebudayaan Rusia dengan attachment sebuah Invitation Of Letter dari salah satu Universitas di Rusia yang menerangkan saya adalah salah satu penerima beasiswa Pemerintah Federasi Rusia pada tahun ajaran 2013/2014 untuk program Magister (S2) jurusan Tourism di Southern Federal University di Rostov-on-Don, Rusia.

saya tanpa sengaja tertawa-tawa kecil. Ingin berteriak bahagia tapi karena sedang berada di  keramaian jadi saya urungkan. Saya segera kasih tau Mama melalui telefon mengenai kabar gembira ini. Beliau pun ikut bahagia kemudian mengucap sukur. Tak lupa aku pun mengabari kekasih hati. Dia juga turut senang dan bahagia, tapi saya tau dia sedikit bersedih karena itu berarti tak lama lagi saya akan jauh darinya. Meninggalkannya sementara waktu sebagai musafir ilmu. Tapi telah kuyakinkan kepadanya ini demi masa depan dan mimpi saya selama ini.

Rusia adalah salah satu dari sekian banyak mimpi yang ingin saya wujudkan. Negara yang memiliki luas hampir separuh bumi itu membuat saya tergila-gila untuk mengunjunginya. Negara Super Power  yang memiliki penulis terkenal seperti Alexander Pushkin, Leo Tolstoy dan masih banyak lagi walau saya tidak terlalu mengenal mereka. Ngga kebayang dan kepikiran juga saya bisa mengunjunginya, bahkan untuk waktu yang lumayan lama. Banyak yang mengatakan negara itu memiliki keindahan yang begitu menawan dengan sejarah yang begitu panjang. Yang membuat saya terkagum adalah masyarakat Rusia seluruhnya memiliki jiwa partriotisme yang besar. Terlihat dari banyaknya patung-patung pahlawan dan penulis terkenal. Keindahan gedung-gedung yang masih terjaga kondisinya dan keasriannya membuat negara itu benar-benar menjadi salah satu tujuan utama wisatawan mancanegara. tidak 

Mimpi saya dari awal sejak duduk di bangku perkuliahan 5 tahun lalu, masih di kampus Jatinangor di depan gedung C di Gorky Park saya bertekat untuk pergi ke Rusia bagaimanapun caranya. akhirnya melalu dengan jalan pendidikan Saya pun akan ke Rusia sebentar lagi, saya bersyukur mendapatkan pengalaman baru lewat kesempatan ini. Bersama ke 4 temen, kami akan melakukan perjalanan panjang sebagai musafir ilmu. Kami memiliki mimpi yang sama, yang berasal dari satu almamater bahkan satu angkatan. Kami sebut diri kami sebagai 5 pandawa.

Awal cerita kami 5 pandawa. Setelah lulus kuliah Sastra Rusia UNPAD, kami mendaftar beasiswa dari pemerintah Federasi Rusia untuk program Magister melalui Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta. Saya pilih jurusan Tourism. Kenapa Toursim? Selain kencintaanku terhadap traveling, saya juga melihat potensi yang sangat baik dalam bidang pariwisata ini. Seperti yang telah ketahui, Indonesia memiliki banyak daerah wisata yang tidak kalah dengan negara lain. Keindahan pantai, pegunungan dan kekayaan budaya membuat Indonesia merupakan salah satu tujuan utama berlibur para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Gila ajakan kalo potensi ini tidak disokong oleh kemampuan manusianya, bakalan kalah pamor oleh negara lain, seperti Thailand, Vietnam, dan negara tetanga lainnya. kesian Indonesia kalo hanya Bali saja yang dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. 

Keempat sahabatku pun tak kalah hebatnya ada yang mengambil jurusan Hubungan Internasional, Sejarah, dan bahkan salah satunya mengambil jurusan Sinematografi. Mantap, ingin menjadi sutradara rupanya kawanku ini. Iya, Iki namanya, iya terobsesi untuk membuat film seperti 3 Idiots. Dia bilang Indonesia sekarang membutuhkan film-film semacam itu untuk memberikan pukulan semangat dan motivasi kepada setiap anak-anak muda Indonesia. Seperti temanku ini, dia sudah terkena virus yg bernama All Izz well, yang merupakan kalimat pamungkas ditanamkan kepada 2 sahabat pemeran utama kedalam hati setiap mereka menghadapi masalah. Dan selalu berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar